FKT OMK KULON PROGO JOGJA

Event FKT OMK Kulon Progo Jogja- Kegiatan Festival Kesenian Tradisional OMK Rayon Kulon Progo merupakan wadah dan ajang kreativitas kaum muda (OMK) melalui kegiatan pentas seni sebagai wujud persatuan dan membangun tradisi lewat seni budaya. Kegiatan FKT OMK Rayon Kulon Progo tersebut diselenggarakan setiap tahun dengan mengusung tema yang berbeda-beda dan dimulai dari FKT tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015 dan 2016 kemarin berlangsung lancar dan meriah.
FKT OMK Kulon Progo

Kegiatan Festival Kesenian Tradisional OMK Rayon Kulon Progo diprakarsai dan diselenggarakan oleh OMK Rayon Kulon Progo dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Juni - Agustus dengan lokasi yang berbeda. Berbagai kreativitas kesenian tradisional yang ditampilkan dalam acara FKT seperti angguk, jathilan, sendratari, reog, karawitan, sholawatan dan sebagainya. Selain dari OMK Rayon Kulon Progo sendiri, acara tersebut juga didukung dari berbagai pihak seperti OMK di luar Kabupaten Kulon Progo antara lain OMK Sleman, FKKMK Kedu Jawa Tengah ( Magelang, Temanggung ), Universitas Sanata Dharma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta serta dari berbagai  pihak yang peduli dengan kegiatan tersebut.

Sasaran kegiatan FKT ini adalah OMK, akan tetapi dalam pelaksanaannya selalu melibatkan banyak pihak di luar OMK, anak-anak, orang tua, saudara yang berbeda keyakinan. Keterlibatan tersebut diwujudkan dalam bermacam-macam bentuk sehingga menumbuhkan kerukunan, rasa kedekatan dan keakraban lintas agama. Mereka dipertemukan dalam wadah kesenian dan menjadikan kesenian tersebut sebagai roh persaudaraan di antara mereka. Hal ini yang diharapkan kembali menyuburkan budaya guyub rukun, budaya kebersamaan, budaya kerja keras untuk merealisasikan tujuan bersama. 

FKT OMK Kulon Progo 2017

Perencanaan kegiatan Festival Kesenian Tradisional OMK Rayon Kulon Progo ini juga dilatarbelakangi oleh banyaknya seni tradisi yang dimiliki Kulon Progo yang berakar dari budaya lokal. Dengan mencoba mengangkat dan memfasilitasi orang muda dalam berkesenian tradisional, secara tidak langsung akan mengenalkan orang muda dengan hal-hal baik yang ada dalam seni tradisi, dan karena itu sekarang dianggap kuno, menjadi terpinggirkan oleh arus besar modernitas dan globalisasi dengan budaya instan dan individualismenya. Pelaksanaan festival ini sekaligus sebagai upaya alternatif pengembangan dan pelestarian seni budaya tradisional melalui talenta-talenta kreatif kaum muda.

Sudah selayaknya kita beri apresiasi dan dukungan atas kegiatan yang diprakarsai oleh generasi muda ini, Festival Kesenian Tradisional (FKT) OMK Rayon Kulon Progo dan sejenisnya akan semakin meramaikan agenda dan kegiatan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo khususnya dan kita tunggu pelaksanaan FKT OMK Kulon Progo 2017 dan tahun-tahun  berikutnya.
FKT OMK Rayon Kulon Progo #9 Tahun 2017

 Jumat, 4 Agustus 2017 di Lapangan Desa Demangrejo, Sentolo, Kulon Progo Yogyakarta
Pukul: 13.00 WIB - Selesai